25 Feb 2016

Ragunan… 
Destinasi Ngedate Yang Murah Memuaskan


           Ragunan mungkin bukanlah nama tempat yang tak asing lagi buat masyarakat, khususnya buat orang-orang yang tinggal di Jabodetabek. Tapi buat aku yang masih new comer di jabodetabek (pengantin baru baru ngikut suami, maap curcol ahahhaha….) oke fokus lagi, jujur aku sendiri belum pernah ke Ragunan. Makanya pas wiken suami libur kerjanya, kita ngagendain ngedate ke Ragunan tanggal 9 Januari 2016, ulalaaaaa senengnya :D. Kalo suamiku sendiri pernah sih ke Ragunan sama temennya naik motor. Tapi kita udah memutuskan kalo kita bakal ke Ragunan pake transportasi umum.
            Sebelum wiken, aku maupun suamiku sama-sama nyari info gimana rute ke Ragunan pake KRL? Turunnya di stasiun mana? Akhirnya kita udah nemu info gimana caranya ke Ragunan pake KRL dari Bintaro ke Ragunan. Gini caranya :
ü  Saya dan suami menuju ke stasiun yang deket dari tempat tinggal kita di Bintaro yaitu stasiun Pondok Ranji.  Beli tiket KRL nya tujuan pasar minggu yaaa
ü  Di stasiun Pondok Ranji kita naik KRL jurusan Tanah Abang setelah menunggu kira-kira 15-20 menit.
ü  Setelah sampai di stasiun Tanah Abang, pindah ke peron yang jurusannya ke Bogor/Depok (kalo enggak salah Peron 2/3).
Untuk memastikan KRL mana yang harus kita naiki, bisa tanya ke petugas stasiun, jangan malu-malu buat tanya daripada nyasar hayoo…ahhahaa.
ü  Setelah naik KRL jurusan Bogor/Depok kita bisa santai-santai dulu, tapi kalo dapet tempat duduk lho yaa. Tapi jangan lupa turun di stasiun Pasar Minggu. Inget lho ya stasiun PASAR MINGGU, bukan stasiun Pasar Minggu Baru.
ü  Keluar dari stasiun Pasar Minggu belok ke kiri, dari situ anda akan menemukan jembatan penyeberangan. Perjalanan dilanjutkan menuju terminal Pasar Minggu.
ü  Di terminal Pasar Minggu naiklah angkot yang warnanya BIRU, kalo nomernya lupa. Tapi yang jelas naik angkot KWK S15. Perjalanan dari terminal Pasar Minggu ke Ragunan lumayan jauh, sekitar 30-45 menit. Untuk ongkosnya sendiri Rp 5000,-. Angkot akan berhenti di depan Pintu Barat Ragunan.
Yeaaaaayyy, akhirnya sampe di Ragunan. Saatnya ngedate sama suami sepuasnya. Setelah keliling ragunan, ada beberapa poin yang bias menarik perhatian kita semua buat jadiin Ragunan sebagai destinasi liburan bareng keluarga maupun ngedate sama suami, kayak aku …uppsss.
1.      Murah
Murah itu hal yang paling banyak orang cari, begitu pula sama liburan tapi yang enggak ngabisin banyak duit alias murah. Salah satunya liburan, ngedate ke Ragunan. Mulai dari ongkos KRL dari stasiun Pondok Ranji-Pasar Minggu sekitar Rp 2000,- sampe Rp 3000,- . Abis itu ongkos angkot cuma Rp 5000,- buat perjalanan sekitar 30-45 menit. Dan yang paling bikin melongo, harga tiket masuk Ragunan buat orang dewasa cuma Rp 4000,- .
Buat info buat yang mau ke Ragunan, berikut daftar harga tiket dan tarif fasilitas :
·         Tiket Masuk Anak - Anak : Rp.3000,- 
·         Tiket Masuk Orang Dewasa : Rp. 4000,-
·         Parkir Roda Dua : Rp. 3000,- 
·         Parkir Roda Empat (Mobil pribadi , Sedan , Pic Up Kecil) : Rp. 6000,-
·         Parkir Roda Empat (Bus kecil, Truk kecil, mobil box kecil,  pick up besar) : Rp. 12.000,-
·         Parkir Roda Empat (Bus besar, truk besar, dan mobil box besar) : Rp . 15.000,-
·         Tarif Fasilitas - Kuda tungang : Rp. Rp. 5.000,-/satu kali keliling
·         Tarif Fasilitas - Onta tunggang : Rp. 7.500,-/satu kali keliling
·         Tarif Fasilitas - Gajah tungang : Rp. 7.500,-/satu kali keliling
·         Tarif Fasilitas - Taman satwa anak : Rp. 2.500,-/satu kali keliling
·         Tarif Fasilitas - Kereta keliling :  Rp. 7.500,-/satu kali keliling 
·         Tarif Fasilitas - Sepeda tunngal :  Rp. 10.000,-/orang
·         Tarif Fasilitas - Sepeda ganda : Rp. 15.000,-/orang
·         Tarif Fasilitas - Taman perahu angsa : Rp. 15.000,-/satu kali keliling
·         Tarif Fasilitas - Wisata rakit : Rp.6.000,-/satu kali keliling 
·         Tarif Fasilitas - Pentas satwa : Rp. 4.000,-/orang 
·         Tarif Fasilitas - Kuda bendi : Rp. 10.000,-/satu kali keliling 
·         Tarif Masuk  Pusat Primata Schmutzer (Selasa - Jum'at) : Rp. 6.000,-/orang
·         Tarif Masuk  Pusat Primata Schmutzer (Sabtu - minggu) : Rp. 7.500,-/orang

2.      Bersih dan Sejuk
Mungkin pas kalian beli tiket masuk yang harganya murah, kalian mulai nethink (negative thinking) sama dalemnya  ragunan, “ jangan-jangan kotor nih, jangan-jangan jelek nih, enggak terawatt”. Stop nethink kalian gaes. Walaupun tiket masuk murah tidak selalu dalemnya kotor. Inget kan peribahasa “ Don’t judge the book by its cover”. Dalemnya Ragunan itu bersih dan rapi.  Selain itu dalemnya ragunan itu sejuk, sesuai sama yang diomongin suamiku  “ Di Ragunan itu sejuk, dan tenang. Kalo keluar Ragunan baru deh kita sadar kalo kita lagi di Jakarta (baca: panas dan berisik). Ragunan cocok banget buat kalian yang bosen tiap hari ngadepin kebisingan dan hiruk pikuknya Jakarta.

Keliatan kan kalo Ragunan itu bersih

3.      Fasilitas Oke
Fasilitas yang ada di Ragunan menunjang buat para pengunjung. Contohnya aja, kita enggak bakal kesulitan cari Mushola. Apalagi mushola dan tempat wudhunya cukup terawat. Fasilitas lainnya yaitu:
·      Toilet banyak
·      Peta Ragunan di beberapa spot Ragunan,
·      Penunjuk jalan di tiap persimpangan
·      Banyak disediakan tempat duduk untuk beristirahat
·      Taman dengan rumput hijau, pemandangan asri dan dilengkapi tempat duduk
·      Tempat sampahnya juga banyak
·      Buat yang enggak bawa bekal, jangan khawatir banyak jualan makanan kok. Tapi jangan lupa kalo mau beli Tanya dulu seporsinya harganya berapa. Aku juga pas ke Ragunan enggak bawa makanan, tapi tetep kenyang tanpa ngeluarin uang banyak. Alhamdulillah…
·      Kalo butuh informasi kita bisa ngunjungin pusat informasi. Inget... “Malu bertanya sesat di jalan” ahahhaha.
·      Kereta keliling cocok buat kita kita yang pengin keliling lebih jauh tapi capek. Lumayan murah kok tarifnya. 

Peta Ragunan

Salah satu taman di Ragunan

Kereta Keliling Ragunan
4.      Koleksi Satwa
    Menurut info dari http://ragunanzoo.jakarta.go.id/ Ragunan mempunyai luas 147 hektar dan berpenghuni lebih dari 2.000 ekor satwa. Koleksi satwa diragunan sangat banyak dan tentunya terawatt. Bisa dibayangin dong dengan luas 147 hektar dan jumlah satwa segitu banyaknya, aku bareng suami tercinta belum sempet ngunjungin semuanya. Ya lain kali semoga diberi kesempatan ngedate lagi ke Ragunan.

Suamiku tersayang kayaknya terperangah liat gajah

ada burung di belakang kita (aku dan suami) tapi lupa namanya apa

aku dan pelikans

Aku dan suami sudah puas, seneng dan capek keliling Ragunan, akhirnya kita memutuskan pulang. Oh ya Ragunan tutup pukul 17.00 WIB sedangkan parkirannya tutup pukul 18.00 WIB. Kita keluar lewat pintu Utara, jadi jumlah pintu Ragunan ada 4. Ketika kita keluar ternyata diluar banyak penjual makanan, berhubung udah sore jadi kita langsung cari angkot, sebenernya pengin sih beli beli atau makan makan apa gitu. Tapi apa dayaaa….
Enggak lengkap kalo enggak berbagi caranya kita pulang kan? Masa bias berangkat tapi enggak bisa pulangnya… Pulangnya keluar dari pintu Utara dan melewati gerbang besar Ragunan, kita cukup menyabrang dan kita akan melihat angkot warna MERAH. Pastikan bahwa angkot itu melewati ke stasiun Pasar Minggu Ya. Sesampainya ke stasiun Pasar Minggu rute tinggal dibalik kayak rute berangkatnya…
Semoga bermanfaat buat temen-temen yang mau ke Ragunan yaaa.. aamiin.

0 komentar:

Posting Komentar