23 Nov 2012

Tadzkiroh


MAKNA DAN HAKIKAT IBADAH

PENGERTIAN IBADAH
            Yang berhak disembah hanya Allah SWT semata dan ibadah yang digunakan atas dua hal:
1.        Pertama : Menyembah, yaitu merendahkan diri kepada Allah SWT dengan melakukan segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya karena rasa cinta dan mengagungkan-Nya.
2.       Kedua : yang disembah dengannya, meliputi segala sesuatu yang dicintai dan diridhoi oleh Allah SWT berupa perkataan dan perbuatan yang Nampak dan tersembunyi, seperti do’a, dzikir, shalat, cinta dan lain-lain.
Sebagaimana firman Allah SWT :
  
"Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku." (QS. Az-Zariyat : 56)

Ibadah kepada Allah SWT dibangun di atas dua pondasi yang besar yaitu : Cinta yang sempurna kepada Allah SWT dan Ketundukan yang sempurna  pada-Nya. Keduanya dibangun di atas dua dasar yang besar yaitu :
1.        Merasadiawasi oleh Allah SWT  dan mengingat nikmat, karunia, kebaikan dan rahmat-Nya yang mengharuskan kita mencintai-Nya.
2.       Mengkoreksi cacat dalam diri dan perbuatan yang menyebabkab kehinaan dan ketundukan yang sempurna kepada Allah SWT.

Hak Allah SWT terhadap Hamba
            Hak Allah SWT terhadap penduduk langit dan bumi adalah agar mereka menyembah-Nya dan tidak menyekutukan-Nya dengan sesuatupun, dengan cara ditaati maka tidak didurhakai, ingat maka tidak dilupakan, disyukuri maka tidak dikufuri.


Copas dari : _BIRO AAI FKIP UNS_
jazakumullah khairon katsir :)

0 komentar:

Posting Komentar